Berita Liga Champions: Gol Weigl dan Aubameyang Bikin Dortmund Menang Atas Sporting Lisbon

Penulis:
Rabu , 07:30 WIB
Berita Liga Champions: Gol Weigl dan Aubameyang Bikin Dortmund Menang Atas Sporting Lisbon

Borussia Dortmund / via Gettyimages

Ligaolahraga - Berita Liga Champions: Gol dari Julian Weigl dan Pierre-Emerick Aubameyang berhasil membantu Dortmund untuk menang atas Sporting Lisbon dalam lanjutan fase grup Liga Champions. Dengan hasil ini peluang anak asuh Thomas Tuchel untuk lolos ke 16 besar semakin besar.

Walau sempat dipusingkan dengan banyaknya cedera pemain, Dortmund akhirnya dapat meraih kemenangan pertama mereka dalam kurun waktu sebulan. Apalagi setelah dalam tiga pertandingan terakhir, mereka gagal meraih satu kemenangan pun.

Kemenangan ini juga membuat Dortmund tetap bersaing dengan Real Madrid dalam perebutan puncak klasemen, karena kedua klub memiliki poin yang sama yaitu 7 poin, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil seri dari tiga pertandingan awal.

Dortmund memimpin pada menit ke-9 melalui Pierre-Emerick Aubameyang yang mencetak gol pertamanya untuk Borussia Dortmund pada pertandingan ini sebelum digandakan oleh Julian Weigl saat mendekati jeda babak pertama. Sporting Lisbon sempat membuka asa untuk menyamakan kedudukan lewat gol Bruno Cesar pada menit ke-67, namun skor 2-1 tetap bertahan hingga pluit akhir yang membuat Dortmund membawa pulang tiga poin dari Estádio José Alvalade.

Pada pertandingan itu, Tuchel memilih untuk memainkan formasi 4-1-4-1 yang lebih menyerang dan meletakkan Shinji Kagawa bermain dari awal, sedangkan Sebastian Rode memainkan peran yang lebih defensif.

Seperti layaknya main dikandang, BVB memulai pertandingan dengan menyerang, dengan membuat kombinasi serangan yang menarik namun Sporting justru memiliki penguasaan bola yang lebih baik pada awal-awal laga.

Dortmund berhasil memimpin melalui gol Aubameyang setelah mendapatkan umpan dari Mario Gotze, yang membobol gawang Rui Patricio. Ini adalah gol ketiga Aubameyang di Liga Champions musim ini.

Aubameyang nyaris menambah gol dengan sundulannya pada menit ke-34, yang diikuti dengan beberapa peluang lain pada beberapa menit berikutnya. Gol kedua akhirnya datang, dua menit sebelum jeda babak pertama, Weigl mencuri bola di lini belakang Sporting dan melepaskan tendangan keras dari jarak 20 meter, untuk menempatkan timnya unggul 2-0.

Meskipun tertinggal dua gol, tuan rumah tidak mengendurkan serangan, mereka kembali kuat di babak kedua, sementara Dortmund membuat beberapa kesalahan yang membuat bola terus hilang.

Petaka datang dari sebuah kesalahpahaman antara Marc Bartra dan kiper Roman Burki sehingga wasit memberikan Sporting tendangan bebas tidak langsung di area penalti Dortmund, karena aturan backpass. Bola tersebut dieksekusi dengan baik oleh Cesar untuk menjadikan skor menjadi 2-1, namun hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta bagi kedua tim.

Artikel Tag: liga champions, borussia dortmund, julian weigl, aubameyang