Berita Liga Champions: Berkat Cuadrado, Juventus Sukses Kandaskan Lyon

Penulis:
Rabu , 05:45 WIB
Berita Liga Champions: Berkat Cuadrado, Juventus Sukses Kandaskan Lyon

Cuadrado menjadi penentu kemenangan bagi Juventus

Ligaolahraga - Berita Liga Champions: Penjaga gawang sekaligus kapten tim, Gianluigi Buffon dalam pertandingan ini dinobatkan sebagai man of the match, namun gol dari Juan Cuadrado yang jadi penentu kemenangan Juventus atas Lyon di Stade de Gerland.

Il Bianconeri yang bertindak sebagai tim tamu datang tanpa diperkuat oleh sejumlah pemain pilarnya, sekaliber Giorgio Chiellini, Mario Mandzukic, Daniele Rugani, Kwadwo Asamoah dan Claudio Marchisio, bahkan secara mengejutkan memainkan Patrice Evra sebagai seorang bek tengah dalam formasi 3-5-2 sejak awal permainan.

Juventus mendominasi penguasaan bola sejak awal, sementara Lyon lebih suka menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik. Gonzalo Higuain sempat berpeluang untuk membuka skor dengan memanfaatkan umpan terobosan Alex Sandro, namun masih mampu ditepis oleh penjaga gawang, Anthony Lopes.

Meski mendominasi, namun Lyon mampu memberikan tekanan dan puncaknya hadiah penalti yang diberikan oleh wasit Szymon Marciniak usai Leonardo Bonucci menjatuhkan salah satu pemain Lyon di kotak terlarang. Beruntungnya, Gianluigi Buffon tampil dalam performa on-fire, dengan menggagalkan penalti hasil eksekusi Alexandre Lacazette.

Higuain kembali berkesempatan membawa tim tamu unggul lebih dulu, usai menerima umpan silang dari Dani Alves, namun tandukannya masih mampu dihalau oleh Lopes.

Buffon kembali menjadi penyelamat di babak kedua melalui penyelamatan yang sensasional, dimana upaya Nabil Fekir dari jarak 11 meter mampu digagalkan oleh penjaga gawang berusia 38 tahun yang belakangan menerima badai kritikan usai lakukan blunder di sejumlah laga.

Bencana mendatangi Juventus ketika Mario Lemina, yang sudah diganjar kartu kuning di babak pertama, menerima kartu kuning keduanya setelah melakukan tekel ceroboh kepada Fekir saat laga menyisakan 35 menit.

Buffon kembali menasbihkan keperkasaan dirinya dibawah mistar gawang Il Bianconeri, ketika menggagalkan tandukan Corentin Tolisso dari jarak dekat dan tidak terjaga sama sekali.

Saat laga nampaknya dikuasai oleh tim tuan rumah, pelatih Massimiliano Allegri memutuskan untuk menarik keluar Paulo Dybala dengan Juan Cuadrado masuk menggantinya dan sang pemain asal Kolombia tersebut tak menyiakan kesempatan, sebab berhasil membuka skor selang tujuh menit setelah memasuki lapangan.

Buffon masih menjadi pemeran utama hingga akhir laga dengan menghalau upaya-upaya dari para pemain Lyon, melalui Maxim Gonalons dan Rachid Ghezzal, untuk menyamakan kedudukan.

Lyon (3-5-2): Lopes; Yanga-Mbiwa (Ghezzal '82), Nkoulou, Diakhaby; Rafael, Darder (Ferri '64), Gonalons, Tolisso, Morel; Lacazette (Cornet '72), Fekir.

Juventus (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Evra; Dani Alves (Benatia '83), Khedira (Sturaro '75), Lemina, Pjanic, Alex Sandro; Dybala (Cuadrado '69), Higuain.

Artikel Tag: gianluigi buffon, juan cuadrado, juventus, lyon, liga champions, grup h, nabil fekir, alexandre lacazette